Wednesday, August 2, 2017

Struktur Dasar Script HTML

HTTP tidak asing lagi para pengguna internet setiap browsing suatu alamat web pasti akan ada HTTP, lalu apa HTTP ?

HTTP (Hypertext Transfer Protokol) merupakan prorokol yang digunakan untuk mentransfer data antara web server ke web browser. Protokol ini mentransfer dokumen-dokumen teks biasa untuk bisa ditampilkan pada web browser sesuai keinginan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan elemen atau sering disebut sebagai tag.

Element HTML biasanya berupa tag-tag yang berpasangan dan setiap tag ditandai dengan simbol "<" dan ">". Pasangan dari sebuah tag ditandai dengan simbol "/". Misalnya pasangan dari tag adalah
Dalam hal ini <contoh> disebut sebagai element dan biasanya dalam suatu elemen terdapat beberapa atribut untuk mengatur elemen itu. Jadi misalnya elemen bisa ditulis dengan atributnya adalah sebagai berikut :
Dalam penulisan tag HTML tidak bersifat case sensitif, artinya penggunaan huruf kecil ataupun kapital tidak menjadi masalah , Script HTML dapat dituliskan dalam texttl editor seperti Notepad kemudian disimpan dengan format/extensi .htm atau .html. Untuk mengeksekusi file HTML dapat dilakukan dengan menggunakan browser Internet Explorer melalui menu File -> Open, Kemudian browser lokasi dimana nama file itu disimpan.
Setiap dokumen HTML memiliki struktur dasar susunan file sebagai berikut :

Saya kira cukup mudah dipahami dan dimengerti oleh pengguna.